M8 Raih Juara 1 Lomba Miniatur Penerbitan Hasil Pembelajaran

5 Oktober 2017
Comments: 0
Category: Lain-lain
5 Oktober 2017, Comments: 0

Konsep pembelajaran yang baik adalah adanya kolaborasi antara guru dan siswa. Sadar akan hal itu Dinas Pendidikan Kota Batu mengadakan perlombaan “Miniatur Penerbitan Hasil Pembelajaran.” Kegiatan yang berlangsung 18-19 September 2017 dan bertempat di balai kota Among Tani itu memiliki banyak tujuan, bagi Guru di harapkan mampu menerbitkan atau mempublikasin hasil pembelajarannya, sedang bagi siswa dengan kegiatan ini di harapkan mampu menerima pembelajaran dengan baik yaitu dengan cara mencari poin inti dari apa yang di sampaikan oleh guru, merangkainya dengan kata-kata sendiri, serta mengkreasi atau membuat karya dari pembelajaran tersebut.

Kegiatan itu sendiri di buka oleh Wakil walikota Batu H. Punjul Santoso, SH, MM juga kepala dinas pendidikan kota Batu Dra. Mistin M.Pd. Perlombaan yang bersifat wajib di ikuti oleh seluruh SMP/Mts yang ada di kota Batu ini juga di ikuti oleh SMP Muhammadiyah 8 Kota Batu, dimana sekolah kita menurunkan tim yang sesuai dengan ketentuan lomba yaitu terdiri dari 2 guru dan 4 orang siswa. 2 guru yang di maksud adalah Yudi K (guru matpel BHS Inggris), Zakki Fitroni (seni Budaya) sedangkan untuk siswa ada Ardiansyah (9a), Early Maulina (9a), Syafirda (9a), dan Audya Aleksandra (9b). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari mulai pukul 08.00 – 16.30 WIB mempunyai beberapa agenda dimana pada hari pertama setelah pembukaan oleh wakil walikota Batu dan dinas pendidikan kota Batu, langsung di berikan sebuah materi yang di sampaikan oleh narasumber profesional dengan tema “Revolusi Pembelajaran”. Ketika materi selesai peserta di haruskan membuat berita/artikel dari materi yang di sampaikan, karena lomba ini bersifat bloking waktu dan tempat maka tema dan materi lomba di sampaikan langsung, dan dengan pengerjaan di tempat dan waktu saat itu juga. setelah pengerjaan artikel selama sekitar 1 jam, peserta di beri pilihan untuk membuat berita dari pembukaan tadi, membuat tajuk karangan tema “perjalanan Sekolah”, serta membuat cerpen dan juga humor. Hari kedua pukul 8 pagi tepat peserta langsung diminta untuk membuat artikel ilmiah dengan tema “Peran Sekolahku Dalam Mensikapi Masa Pubertas Siswa” pengerjaan selama satu jam langsung di sambung dengan pemberian materi mengenai Enterprenuership di sekolah, lagi-lagi narasumber adalah profesional yang berkompeten di bidangnya. Setelah materi selesai peserta langsung di minta membuat artikel opini dengan tema pilihan yaitu Full Day Scholl atau tema Enterprenuership di sekolah yang telah disampaikan tadi. Setelah selesai pengerjaan dua artikel sesuai dengan waktu yang diberikan, berikutnya peserta di berikan tugas pilihan yaitu membuat komik/karikatur, atau tajuk karangan. Tugas terakhir bagi seluruh peserta adalah membuat Resensi Buku, di sini buku yang akan di jadikan resensi adalah buku yang telah dibawa oleh peserta lain dimana sebelumnya buku-buku ini telah di acak terlebih dahulu.

Pukul 15.00 WIB tepat seluruh peserta wajib memajang hasil karyanya untuk memberikan kesempatan dewan juri menilai hingga pukul 16,30 WIB. Kriteria penilaiannya sendiri adalah kerjasama tim, desain, isi, ketepatan waktu, kesesuain tema, serta pengerjaan yang sesuai dengan aturan penerbitan suatu koran/majalah. Dari kriteria tersebuat di ambil 6 pemenang yaitu juara harpan 1,2, dan 3. serta juara 1, 2, 3. SMP muhammadiyah 8 Batu memperoleh nilai total yaitu 336 yang berarti menobatkan tim dari sekolah kita menjadi JUARA 1. Sebuah prestasi yang membanggakan, mengingat kita telah mengalahkan 28 sekolah lainnya. tentunya prestasi ini tidak diraih dengan mudah melainkan dengan kerja keras serta menunjukan bahwa pembelajaran di SMP Muhammadiyah 8 Batu telah menggunakan konsep kolaborasi antara guru dan siswa, konsep yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami pembelajaran dengan mudah, sekaligus berkreasi melalui karya.
whatsapp-image-2017-10-05-at-10-42-52
Bravo guru dan siswa m8 teruslah berkarya. (Red)

694 (Total Dilihat) 1 (Dilihat Hari Ini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *