CEGAH SEBARAN CORONA, SISWA M8 BUAT AUTOMATIC TOUCHLESS HAND SANITIZE

17 Maret 2020
Comments: 3
Category: Lain-lain
17 Maret 2020, Comments: 3

Kota Batu – Siswa SMP Muhammadiyah 8 Kota Batu, Jawa Timur atau yang lebih familiar disebut M8, Muhammad Salim berhasil membuat alat Automatic Touchless Hand Sanitizer. Hal tersebut dilakukan saat seluruh siswa Indonesia melakukan kegiatan pembelajaran di rumah, yang merupakan aplikasi nyata social distancing di bidang pendidikan. Sebagai salahsatu upaya pemerintah menekan penularan Covid 19.
“Saya membuat alat ini karena gelisah melihat peningkatan kasus Virus Corona yang ada di Indonesia. Sebagai seorang siswa saya berfikir, kira-kira sumbangsih seperti apa yang bisa saya lakukan untuk ikut menekan sebaran Covid 19,” Ujar Salim, yang juga anggota ekstra kurikuler robotik M8.
Siswa kelas 8 ini menjelaskan bahwa, “idenya muncul ketika banyak Hand Sanitizer yang disediakan di tempat umum, dipencet serta digunakan oleh banyak tangan, sehingga punya potensi sebagai salahsatu media penyebaran Virus”.
Maka dibuatlah alat yang dinamakan Automatic Touchless Hand Sanitizer. Dengan memakai power bank sebagai sumber daya, rangka kayu, lcd kecil, sensor gerak dan hand sanitizer maka pengguna hanya perlu mendekatkan tangan ke sensor. Secara otomatis alat akan menekan hand sanitizer sehingga mengeluarkan cairan ke tangan tentunya dengan support daya dari power bank.
“Dengan hand sanitizer otomatis tanpa harus disentuh oleh tangan, diharapkan potensi sebaran virus melalui sentuhan dari berbagai macam pengguna dapat dihindari” kata siswa yang sangat tertarik dengan dunia robotika tersebut.
Windra Rizkiyana, kepala sekolah M8 mengatakan, “Sangat gembira dengan adanya salahsatu siswanya yang punya empati serta kreativitas yang bagus, sehingga mampu menciptakan Automatic Touchless Hand Sanitizer sebagai salahsatu upaya membantu orang lain dalam menekan sebaran Covid-19”.
“Sekolah akan terus menciptakan atmosfer yang inovatif bagi seluruh civitas akademik M8, sejalan dengan isu yang seringkali didengungkan oleh Mas Menteri kita. Sehingga kedepan akan dihasilkan karya-karya inovatif oleh guru dan siswa M8 yang bermanfaat bagi banyak orang. Pungkasnya.
(JurnalistikM8)

3 responses on “CEGAH SEBARAN CORONA, SISWA M8 BUAT AUTOMATIC TOUCHLESS HAND SANITIZE

  1. tri berkata:

    ✓apakah bisa dipesan secepatnya ?
    ✓lsg pakai harga berapa ?

  2. tri berkata:

    ✓apakah bisa dipesan secepatnya ?
    ✓lsg pakai harga berapa ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *